Minggu, 19 September 2010

Trying and accept failure

Haloo., Selamat malam.

Tadi saya abis baca kompas, dan saya menemukan quote "I can accept failure but i can not accept not trying" (Samuel Mulia). Yang kemudian membuat saya berpikir, apakah quote2 indah ini dapat mengajarkan kalau berpikir positif itu adalah benar adanya?

Okay, malam ini saya akan menulis 'This is what im feeling'.

Kembali ke pertanyaan, apakah quote2 indah ini tersebut dapat mengajarkan kalau berpikir positif itu benar adanya? I can accept failure misalnya, saya sey bisa2 saja menerima kegagalan. Itu sudah pasti saya bisa menerimanya. Lah kan saya yang menjalankan hidup saya sendiri. Akan tetapi, masalahnya, apakah keluarga saya, terutama ayah saya mau menerima kalau saya gagal?

Menurut pengalaman saya, mereka tidak mau dan tidak bisa menerima apa bila saya gagal. Buktinya? ayah saya selalu berkata "ayah perhatiin, semua yang mia kerjain ga pernah ada yang beres".

Saya hanya berpikir, kalau seandainya ayah saya bisa memikirkan apa yang saya rasakan, mungkin saya akan menjadi orang yang paling berbahagia. Berbahagia karena dihargai, dihargai karena sudah belajar, sudah mencoba dari nol dari nothing, bukan malah dinilai karena melakukan kesalahan.

"I can not accept not trying", kalau dari kacamata saya sebagai yang tertindas, saya setuju kalau semua orang harusnya mau melihat bahwa saya sudah mencoba.
Itulah mengapa saya harus selalu berpikir untuk tidak keder, bingung, resah, gelisah, atau apalah istilahnya. Meski sebenarnya, jujur saja saya selalu merasakan perasaan seperti itu. Perasaan takut. Maka saya mengerti mengapa kalau dalam seminar atau presentasi kelas saya takut bertanya, takut untuk mengungkapkan ide saya, takut jika disuru duduk di depan, atau bahkan pada saat interview pekerjaan. Karena, saya merasa kalau saya sudah seperti dibuat menjadi terbiasa untuk tidak dihargai atas 'trying' yang saya lakukan.

Saya takut dianggap bodoh apabila saya gagal. Saya takut berhadapan dengan manusia yang tidak pernah mau atau tidak dapat menerima kegagalan saya.

Hmm,, This is what im feeling. Buat yang udah mampir, terima kasih ya sudah mau membaca tulisan yang merupakan 'This is what im feeling'.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar